Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian kelas II SDN Telukjambe II Karawang. Penelitian ini merupakan penenlitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Telukjambe II Karawang. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes uraian yang diberikan melalui pretest dan posttest. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunkan statistis deskriptif dan statistic inferensial yaitu uji-t. dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t thitung sebesar 19,883 > ttabel 2,045. Jadi Hα diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa dapat pengaruh yang signifikan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika materi perkalian kelas II SDN Telukjambe II Karawang.