Penggunaan Media Counting Funnel Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Kelas II Sekolah Dasar

  • Yeyen Hermawati
  • Ayu Fitri
  • Tia Latifatu Sa’diah
Keywords: Media, Counting Funnel, Pemahaman Konsep

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep operasi hitung perkalian dengan menggunakan media counting funnel pada siswa sekolah dasar di Desa Sukamulya Kecamatan Cilamayakulon Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 7 siswa kelas II sekolah dasar. Teknik pengumpulan data melalui istrumen tes, Observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yang yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dapat di tarik kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep operasi hitung perkalian dengan menggunakan media counting funnel dapat meningkatkan dan menjadi lebih baik di buktikan dengan tercapainya indikator kemampuan pemahaman konsep dengan baik dalam pengerjaan tes dengan menggunakan media counting funnel juga menjadi lebih mudah dan menyenangkan, sehingga menambah minat siswa dalam belajar pembelajaran matematika. Hasil tes kemampuan pemahaman kosep menunjukan tiap subjek siswa memiliki pemahaman yang diinginkan dan memperoleh nilai tinggi di atas rata – rata sebesar 28.

Published
2020-03-11