Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Kesantunan Berbahasa Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan kesantunan berbahasa siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN se-Gugus IV Kecamatan Klari Tahun Ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling yaitu pengambilan data secara acak dan yang terpilih adalah siswa kelas V SDN Anggadita I Kecamatan Klari dengan jumlah sebanyak 110 siswa. Uji validitas dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dan reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dekriptif. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan rumus Product Moment Pearson berbantuan SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara tingkat pendidikan orang tua dengan kesantunan berbahasa siswa, yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,193, sedangkan rtabel dengan jumlah N = 110 pada taraf signifikan 5% adalah 0,187, sehingga rhitung > rtabel (0,193 > 0,187). Jadi, dapat disimpulkan bahwa antara tingkat pendidikan orang tua dengan kesantunan berbahasa siswa mempunyai hubungan yang positif.