Kesulitan Menulis Karangan Deskrispsi Siswa Kelas IV di SDN Pinayungan V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Pinayungan V Telukjambe Timur dengan menggunakan bimbingan belajar terhadap siswa yang mengalami kesulitan menulis karangan deskripsi. Dengan demikian, sejak perencanaan penelitian peneliti senantiasa terlibat selanjutnya peneliti memantau, mencatat, dan mengumpulkan data lalu menganalisa data serta berakhir dengan melaporkan hasil penelitiannya. Peneliti disini dituntut keterlibatannya secara langsung dan terus-menerus sejak awal sampai akhir, berdasarkan hasil penelitian bahwa sebagian siswa sudah memenuhi keberhasilan yaitu meningkatnya hasil menulis karangan deskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Dari penelitian bimbingan belajar yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan bimbingan belajar pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Pinayungan V.