Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Kertamulya II Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Kertamulya II dengan jumlah 117 siswa. Dengan sampel kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data melalui butir soal pilihan ganda untuk mengetahui kemampuan dalam memahami Matematika materi pecahan. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik deskriptif. Hasil dari uji validitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan diperoleh 22 butir instrument yang dinyatakan valid dari 40 butir instrument yang diujicobakan. Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0.872. Hasil pengujian hipotesis terdapat, pengaruh yang signifikan dari model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan hasil belajar Matematika siswa. Hal ini diperoleh dari hasil Uji T-Test Pretest dan Posttest Paired Samples Test (uji hipotesis) yang menunjukkan bahwa nilai probabilitas (signifikan) sebesar 0.00 dengan nilai alpha (α) 0.05, maka 0.00 < 0.05 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar.