Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Siswa Kelas IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual. Penelitian ini dilakukan di SDN Duren 3 Kecamatan Klari Kabupaten Karawang tahun ajaran 2020/2021 pada kelas IV. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes soal uraian, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian sebanyak 10 siswa pada saat home visit. Hasil penelitian dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih belum dapat mengkomunikasikan matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada soal, dengan dasar penemuan ini perlu diperhatian lebih agar mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual.