Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Kertamulya 2 Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain One Group Pretes Postes Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh siswa SDN Kertamulya 2 dengan jumlah 117 orang siswa. Dengan sampel kelas IV yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui butir soal isian untuk mengetahui kemampuan menulis bahasa Inggris siswa.. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,091.. Hasil uji tingkat kesukaran terdapat 15 butir soal dengan tingkat kesukaran mudah, 11 butir soal dengan tingkat kesukaran yang sedang, dan 4 butir soal dengan tingkat kesukaran yag sulit. Hasil perhitungan statistik deskriptif nilaii pretest kemampuan menulis bahasa Inggris bahwa nilai maximum 65,00, dan nilai minimum 25,00 dengan mean 42,25, modus 25, median 42,5 dan std deviasi 12,298. . Hasil perhitungan statistik deskriptif nilaii postest kemampuan menulis bahasa Inggris bahwa nilai maximum 80,00, dan nilai minimum 50,00, dengan mean 61,5, modus 50, median 60 dan std deviasi 10,650. Hasil uji normalitas nilai pretest kemampuan menulis bahasa Inggris dengan metode Lilliefors diperoleh hasil L-hitung sebesar 0,1257 lebih kecil dari L-tabel sebesar 0,190 sehingga H0 diterima. Hasil uji normalitas nilai postest kemampuan menulis bahasa Inggris dengan metode Lilliefors diperoleh hasil L-hitung sebesar 0,164 lebih kecil dari L-tabel sebesar 0,190 sehingga H0 diterima. Hasil uji homogenitas nilai kemampuan menulis bahasa Inggris dengan metode Fisher diperoleh nilai F-hitung sebesar 1,334 lebih kecil dari nilai F-tabel sebesar 2,168 maka hasilnya homogen. Hasil uji-t nilai kemampuan menulis bahasa inggris diperoleh nilain t-hitung sebesar 12,087, sedangkan nilai t-tabel sebesar 2,093, maka Ho ditolak. Hasil analisis uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretes dan nilai postest.