Analisis Anak Berkesulitan Belajar Membaca Permulaan

  • Euis Karlina Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Anggy Giri Prawiyogi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Depi Prihamdani Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Kesulitan, Membaca Permulaan, Penghambat Belajar

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil kesulitan belajar membaca permulaan, faktor yang menghambat pembaca permulaan dan solusi dalam mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas III SDN Kutaraharja I Tahun ajaran 2019-2020. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas III yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Instrumennya lembar observasi siswa, pedoman wawancara, kepala sekolah, guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan dari hasil wawancara kepala sekolah dan guru pada siswa kelas III dari 16 siswa terdapat 3 anak yang mengalami kesulitan membaca permulaan kurangnya mengenal huruf, membaca demi kata dan memparafrasekan yang. Faktor yang menghambat pembaca kuarangnya minat baca, gangguan konsentrasi dan kurangnya bimbingan orangtua dirumah. Solusi untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan yaitu, guru memberikan bimbingan belajar kepada siswa yang kesulitan membaca, guru memberikan perhatian lebih dan khusus untuk siswa yang masih kesulitan membaca permulaan.

Published
2020-09-23