Analisis Kesulitan Menggabungkan Suku Kata dalam Kegiatan Membaca Paragraf pada Siswa kelas V Sekolah Dasar

  • Juwita Puspitasari Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Anggy Giri Prawiyogi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Depi Prihamdani Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Membaca, Suku Kata, Paragraf

Abstract

Setiap orang memiliki kemampuan berpikir dengan baik, namun tidak semua orang memiliki kemampuan berbahasa dengan baik. Seseorang dikatakan memiliki keterampilan apabila telah melalui dan menyelesaikan sebuah proses, proses yang harus dilalui dalam berbahasa ada empat keterampilan dasar yaitu mendengarkan (menyimak), berbicara, menulis, dan membaca. Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh seorang siswa. Keterampilan membaca dinilai sangat penting, karena dengan membaca seseorang bisa mendapatkan ilmu dan juga informasi. Dari keempat keterampilan dasar berbahasa Indonesia, masih sering kita temui siswa yang mengalami kesulitan dalam proses belajar terutama kesulitan dalam kegiatan membaca. Beberapa anak yang mengalami kesulitan belajar biasanya mempunyai prestasi dan nilai yang kurang baik di kelas. Fakta yang terjadi di sekolah saat ini adalah, masih banyak siswa di kelas tinggi yang belum bisa membaca, terutama kesulitan dalam menggabungkan suku kata dalam kegiatan membaca paragraf.

Published
2020-09-23