Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar IPA

  • Mumun Munawaroh Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tarpan Suparman Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Harmawati Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukatani II Tahun Pelaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Pretet-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sukatani II Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 45 siswa dan sampelnya adalah kelas VA yang berjumlah 15 siswa dan kelas VB yang berjumlah 15 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample t Test dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA Pada pengujian Independent Sample t Test diperoleh nilai thitung=3,942 dan nilai Sig.(2-tailed) bernilai 0,000. Nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan df=28 dengan taraf signifikan= 0,05 adalah 3,942. Karena nilai thitung>ttabel (3,942>2,048) dan Sig.(2-tailed) 0,000<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together  terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukatani II Tahun Pelajaran 2019/2020.

Published
2020-09-23