Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Sekolah Dasar Siswa Kelas IV Materi Pecahan
Abstract
Salah satu mata pelajaran di sekolah dasar adalah pelajaran matematika. Namun kemampuan pemecahan masalah matematika siswa disekolah dasar tergolong rendah. Hal ini disebabkan siswa menganggap matematika pembelajaran yang sulit, siswa sangat acuh tak acuh dan tidak termotivasi saat pembelajaran matematika berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes soal cerita kemampuan pemecahan masalah matematika, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian 15 siswa kelas IV SD Negeri Waringinjaya 02. Soal yang di berikan berjumlah 10 soal. Hasil penelitian kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan kelas IV SD Negeri Waringinjaya 02 menunjukan 80% subjek penelitian mampu memenuhi indikator memahami masalah pada materi pecahan, 70% subjek penelitian mampu memenuhi indikator menyusun rencana penyelesaian pada materi pecahan, 80% subjek penelitian mampu memenuhi indikator melaksanakan rencana penyelesaian pada materi pecahan, 23% subjek penelitian mampu memenuhi indikator memeriksa kembali pada materi pecahan. Jadi kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV mencapai 63%.