Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

  • Iislianti Faozi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Anggy Giri Prawiyogi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Andes Safarandes Asmara
Keywords: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubugan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V sekolah dasar se-Desa Telukjambe Timur tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini siswa kelas V sekolah dasar se-Desa Telukjambe Timur yang berjumlah 100 siswa, dengan mengambil sampel 50% dari anggota populasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan perhitungan uji korelasi product moment hipotesis hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansinya 0.000<0.05 dan perolehan harga thitung dengan ttabel yaitu 5.093>1.677 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan korelasi dan signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajara matematika siswa kelas V sekolah dasar se-Desa Telukjambe Timur tahun ajaran 2020/2021.

Published
2020-09-23