Hubungan Iklim Kelas dengan Menyimak Cerita Dongeng pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD

  • Hanna Soraya Ramadhani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Anggy Giri Prawiyogi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Aang Solahudin Anwar Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Iklim kelas, Menyimak cerita dongeng, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim kelas dengan menyimak cerita dongeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SD gugus 2 kecamatan telukjambe barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD gugus 2 kecamatan Telukjambe Barat yang berjumlah 204 orang siswa dengan mengambil sampel 30% dari anggota populasi maka didapat sampel berjumlah 61 orang siswa. Tekhnik pengumpulan data melalui angket iklim kelas. Tekhnik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi product moment. Hasil dari uji validitas angket iklim kelas diperoleh 19 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 30 butir instrumen yang diuji coba kan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,712. Hasil pengujian hipotesis, terdapat hubungan yang di signifikan antara iklim kelas dengan menyimak cerita dongeng. Hal ini diperoleh rhitung sebesar 0,752 > rtabel 0,248 dengan signifikan 5% dan N = 61 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa iklim kelas dengan menyimak cerita dongeng memiliki hubungan yang kuat.

Published
2020-09-23