Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
Abstract
Penelitian ini membahas tentang keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran pemahaman konsep khususnya mata pelajaran IPS dari rumah, Pemahaman konsep belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III SDN Warung Bambu II Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang dimasa pandemi seperti ini dapat dikatakan berhasil, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dari sebelum pandemi pada mata pelajaran IPS. Karena pada masa pandemi, siswa melakukan proses pembelajaran dengan cara belajar dirumah, karena siswa lebih banyak belajar bersama orang tuanya karena lebih memahami dalam materi pelajaran IPS yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Guru juga sesekali mengontrol siswa pada saat belajar dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III SDN Warung Bambu II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket pemahaman konsep belajar, dan dokumentasi.