Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar

  • Lia Alpaniah
  • Sinta Maria Dewi
  • Haerudin
Keywords: Perhatian; Orang Tua; Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan kemandirian belajar siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan deksriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN se-Gugus 02 Kecamatan Karawang Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling yaitu pengambilan data secara acak dan yang terpilih adalah siswa kelas VI SDN Kondangjaya III Kecamatan Karawang Timur dengan jumlah sebanyak 87 siswa. Uji validitas dihitung dngan menggunakan rumus Product Moment dan reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dekriptif. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan rumus Product Moment Pearson berbantuan SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dengan kemandirian belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,378, sedangkan rtabel dengan jumlah N = 87 pada taraf signifikan 5% adalah 0,211, sehingga rhitung  >  rtabel  (0,378 > 0,211). Jadi, dapat disimpulkan bahwa antara perhatian orang tua dengan kemandirian belajar siswa mempunyai hubungan yang positif.

Published
2020-03-11