Analisis Kesalahan dalam Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar

  • Dea Rizki Yuliawati
  • Anggy Giri Prawiyogi
  • Aang Solahudin Anwar
Keywords: Menulis karangan Narasi, ejaan, kesalahan menulis

Abstract

Penelitian ini memiliki 2 tujuan. (1) mendeskripsikan kesalahan apa saja yang sering dilakukan siswa dalam menulisan karangan narasi V di SD Adiarsa Timur (2) mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menulis karangan narasi. Teknik pengumpulan data yang peneliti guakan yaitu denagan wawancara, observasi dan dokumentasi menganalisis hasil menulis karangan narasi siswa. Teknis analisis data menggunakan proses pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ada 2 hal yaitu: (1)Apabila di urutkan berdasarka hasil skor dengan menggunakan penilaian maka kesalahan yang sering atau paling banyak dialkukan siswa kelas VA SDN Adiarsa Timur 1 adalah kesalahn dalam menulis huruf kapital dan penggunaan tanda baca, kesalahan dalam menentukan tokoh dan mengembangkan karakter dari setiap tokohnya, kesalahan dalam pemilihan kata/ diksi, kesalahan dalam menulis cerita sesuai dengan alur, dan yang terakhir adalah penempatan latar. (2) faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menulis karangan narasi adalah materi yang disampaikan belum sepenuhnya diberikan, kurangnya latihan mengarang, siswa cenderung lebih suka bercerita daripada menulis, pemahaman mengenai kebahassan yang kurang, dan siswa merasa kebingungan untunk menentukan ide pokok.

Published
2020-03-11