Hubungan Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa kelas V sekolah dasar se-Desa Karangmulya tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendeatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini siswa kelas V sekolh dasar se-Desa Karangmulya yang berjumlah 100 siswa, dengan mengambil sampel 50% dari anggota populasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan perhitungan uji hipotesishasil penelitian ini nilai signifikasinya 0.00 < 0.05 dan perolehan harga dengan yaitu 5.352 > 1.676 sehingga Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan korelasi dan signifikan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar kelas V sekolah dasar se-Desa Karangmulya tahun ajaran 2020/2021.