Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampeling. Pengumpulan data menggunakan instrument tes yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 30 butir soal. Tes tersebut digunakan untuk membuktikan apakah model Quantum Teaching berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan tabel uji hipotesis dengan independent sample test menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah ,000. Karena nilai signifikansi ,000 < 0,05. maka H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA.