Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran IPA di sekolah dasar adalah suatu pembelajaran yang berhubungan dengan kehidupan manusia dan alam sekitar. Pada kenyataannya masih ada beberapa siswa yang merasa kesulitan dalam memahami konsep pembelajaran IPA. Karena itu, peneliti mencoba melakukan suatu penelitian dengan menggunakan media Big Book pada pembelajaran IPA materi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah Eksperimental Design dan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Prestest Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Purwadana II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media Big Book terhadap hasil belajar IPA, yang dibuktikan dengan hasil perhitungan dengan menggunakan Uji-T yakni Uji Paired Sample T Test dan diperoleh taraf signifikansi 0.05 menunjukkan nilai probabilitas (signifikansi) adalah 0.000, karena nilai signifikansi kurang dari α 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran Big Book berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Purwadana II.