Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Nadia Eka Yuliana Trepanka Parmiliani Putri
  • Tarpan Suparman
  • Andes Safarandes Asmara
Keywords: Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar se-Desa Tegalsawah tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini siswa kelas IV Sekolah Dasar se-Desa Tegalsawah yang berjumlah 149 siswa, dengan mengambil sampel sebanyak 30% dari jumlah populasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan angket. Bersdasarkan perhitungan uji hipotesis hasil penelitian ditunjukkan dengan nilai kolerasi product moment sebesar  0,914 > dari   0,294 dengan tingkat hubungan yang sangat kuat, taraf signifikansinya sebesar 0,00 < 0,05 sehingga perhatian orang tua berpengaruh sebesar 83,5% terhadap hasil belajar matematika siswa IV Sekolah Dasar se-Desa Tegalsawah Tahun Ajaran 2020/2021.

Published
2020-03-11