Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar se-Desa Tegalsawah tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini siswa kelas IV Sekolah Dasar se-Desa Tegalsawah yang berjumlah 149 siswa, dengan mengambil sampel sebanyak 30% dari jumlah populasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan angket. Bersdasarkan perhitungan uji hipotesis hasil penelitian ditunjukkan dengan nilai kolerasi product moment sebesar 0,914 > dari 0,294 dengan tingkat hubungan yang sangat kuat, taraf signifikansinya sebesar 0,00 < 0,05 sehingga perhatian orang tua berpengaruh sebesar 83,5% terhadap hasil belajar matematika siswa IV Sekolah Dasar se-Desa Tegalsawah Tahun Ajaran 2020/2021.