Analisis Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran IPA pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Higher Order Thinking Skills dalam pembelajaran IPA di Masa PTMT sudah maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al Mujahidin yang berjumlah 16 orang siswa. Dengan mengambil sampel 3 orang siswa dari anggota populasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada guru wali kelas, dan siswa kelas V. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Higher Order Thinking Skills atau Kemapuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran IPA siswa kelas V sudah cukup maksimal, terbukti dari hasil wawancara yang di lakukan ke pada siswa kelas V, yang mengatakan bahwa pembelajaran IPA sangat mudah untuk dipahami ketika guru menjelaskannya menggunakan media atau alat peraga, dan ketika guru meminta untuk berkreativitas secara individu.(2) Pelaksanaan pembelajaran guru kelas V sudah mengarah pada higher order thinking skills yang memuat 4C dan pembelajaran abad ke 21.