Analisis Sikap Nasionalisme Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Kusmiati Pebriani
  • Sinta Maria Dewi
  • Haerudin
Keywords: sikap nasionalisme, mata pelajaran PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menghambat rendahnya sikap nasionalisme siswa kelas V SDN Karawang Kulon III. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan banhwa faktor yang menghambat sikap nasionalisme yaitu faktor dalam diri, faktor lingkungan, dan faktor penggunaan metode pembelajaran oleh guru. Sehingga berdampak pada sikap nasionalisme yang dimiliki siswa, seperti rendahnya sikap nasionalisme siswa yang terlihat ketika berbicara, siswa kurang dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada siswa dan guru pada saat proses pembelajaran khususnya saat mata pelajaran PPKn harus sering   menggunakan pola pembiasaan untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa, karena dalam mata pelajaran PPKn tidak bisa sepenuhnya  materi saja yang membuat sikap siswa berubah namun peran guru sangat penting untuk membentuk sikap siswa khusunya dalam sikap nasionalisme. Begitu juga untuk siswa rajin-rajinlah belajar, banyak bergaul dengan orang yang memiliki sopan santun yang baik, yang bisa menghargai jasa para pahlawan dan mencintai tanah air dengan sepenuh hati. Dengan demikian memiliki sikap nasionalisme yang baik tentunya kita akan menjadi generasi penerus bangsa yang baik pula.

Published
2020-03-11