Analisis Problematika Pembelajaran Daring bagi Siswa Kelas V (Studi Kasus SDN Sukamakmur III)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dan dampak pembelajaran daring pada siswa kelas V di SDN Sukamakmur III dalam efektivitas belajar mengajar. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian kualitatif. Narasumber yang digunkana dalam penelitian ini terdiri dari 1 orang Guru Walikleas V dan 3 orang siswa kelas V di SDN Sukamakmur III. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan, praktek pembelajaran daring siswa kelas V, Guru melakukan proses yaitu perencanaan (RPP, smartphone, buku dan media lainnya), pelaksanaan (penyampaian materi tanya jawab dan pemberian tugas), dan valuasi (memeriksa tugas yang dkirimkan siswa dengan cara difoto atau link kemudian dikirim melalui WhatsApp dan menuliskannya di laporan). Problematika yang dialami guru dalam pelaksanaan kelas daring siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukamakur III adalah keterbatasan fasilitas dan pengetahuan mengenai teknologi, membuat pembelajaran daring (online) hanya dapat dilakukan melalui aplikasi WhatsApp, tidak semua siswa mempunyai smartphone, mahalnya kuota internet selama masa pandemi, koneksi internet yang tidak stabil,
kurangnya dampingan orang tua pada saat pembelajaran menyebabkan siswa kurang disiplin, keluhan siswa mengenai tugas yang sangat menumpuk. Kesimpulan dalam penelitian ini problematika terjadi karena media atau sarana teknologi yang tidak memadai dan berdampak pada tingkat kedisiplinan siswa dalam konteks belajar.