Dampak Handphone terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VI

  • Via Novianti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Haerudin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Andes Safarandes Asmara Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Dampak handphone, Aktivitas belajar

Abstract

Handphone adalah alat komunikasi yang bisa dibawa kemanapun dan kapanpun. Handphone sudah banyak yang dimiliki oleh peserta didik, Penggunaan handphone sangat berpengaruh terhadap lingkungan, bahkan perubahan perilaku peserta didik tersebut. Penggunaan handphone jika digunakan dengan baik maka ia akan berdampak positif, begitupun jika digunakan dengan tidak baik maka akan berdampak negatif sehingga menjadi ketegantungan dalam menggunakannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak handphone terhadap aktivitas belajar siswa di SDN sukamakmur III. Pada Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode yang digunakan dekriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Objek penelitian ini 27 siswa, 1 guru dan 3 orang tua. Hasil
Penelitian dari wawancara dan angket bahwa pembelajaran dirumah dengan menggunakan handphone
membuat konsentrasi belajar anak, sehingga tidak fokus dalam kegiatan belajar handphone memiliki dampak
negative bagi penggunanya antara lain : 1) Terganggunya konsentrasi belajar 2) Kurangnya pengawasan orang tua dalam penggunaan handphone. Hasil ini didasarkan pada penyebaran angket kepada siswa yang menunjukkan respon 56% dengan perhitungan skala guttman.

Published
2023-02-19