Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Bangun Ruang Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SD pada
materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu
sebanyak 30 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data berupa tes kemampuan komunikasi
matematis siswa, wawancara untuk siswa dan guru, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan merupakan data
deskriptif mengenai hasil penelitian. Terdapat tiga tahapan yang digunakan untuk menganalisis data penelitian
yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan
komunikasi matematis siswa kelas V di SDN Palumbonsari 1 tergolong ke dalam kategori sedang untuk semua
indikator kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu Written Text, Drawing, dan Mathematical Expression.
Dimana pada kategori sedang ini siswa mampu menjawab tes kemampuan komunikasi matematis pada materi
bangun ruang dengan jawaban yang belum tepat namun bisa mengkomunikasikan hasil yang mereka dapat
sebisa mungkin