Analisis Kesulitan Belajar dalam Pembelajarran IPA pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar dalam pembelajaran IPA pada masa pandemi covid-19 SDN Pancakarya 1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar IPA pada materi sumber daya alam di kelas IV SDN Pancakarya 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah beberapa siswa kelas IV SDN Pancakarya 1 yang berjumlah 5 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes pada siswa, wawancara siswa, guru, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kesulitan memahami materi, kesulitan mengingat materi, kesulitan karena sinyal atau jaringan internet sering gangguan & kuota internet terbatas, kesulitan menangkap materi secara daring. faktor penyebab siswa kesulitan belajar IPA yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu kurangnya motivasi siswa, semangat belajar kurang, serta lambat memahami materi. Sedangkan faktor ekternal yaitu perhatian orang tua kurang dalam membimbing anak dalam belajar daring, pengaruh lingkungan keluarga dan sekitar, minimnya guru dalam menggunakan metode dan media pada pembelajaran daring. Solusi untuk mengatasi kesulitan belajar IPA pada siswa dilakukan dengan cara memberi bimbingan belajar melalui jalur pribadi WhatsApp ke guru. Hasil tes pilihan ganda diperoleh nilai tinggi sampai dengan nilai rendah, dari ke empat siswa tersebut memperoleh nilai rendah. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN Pancakarya 1 mengalami kesulitan belajar IPA pada materi sumber daya alam di masa pandemi covid-19 dallam proses pembelajaran daring.