Analisis Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar dan faktor pendorong serta penghambat keaktifan belajar siswa kelas IV selama pembelajaran daring. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Karawang Wetan II, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini 20 siswa dan 1 guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keaktifan belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Karawang Wetan II termasuk dalam kategori kurang aktif. Hal ini berdasarkan perhitungan persentase
dari empat indikator yang menunjukkan bahwa indikator antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran daring sebesar 37%, indikator interaksi siswa dengan guru sebesar 38%, indikator mengerjakan soal dan tugas sebesar 40% dan indikator aktivitas siswa dalam kelompok sebesar 39%. Adapun faktor pendorong keaktifan belajar siswa adalah motivasi yang diberikan oleh guru kepada siswa, serta faktor penghambat keaktifan belajar siswa yaitu tidak memiliki Handphone dan adanya gangguan dari teman sebaya.