Analisis Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Daring

  • Siti Habibaturrodiah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yayan Alpian Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Harmawati Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: kecerdasan emosional, pembelajaran daring.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa pada pembelajan daring serta untuk mengatahui faktor-faktor pembentuk kecerdasan emosional pada pembelajaran daring dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa pada pembelajaran daring.  Penelitian ini jenis penelitian kualitaif .  Subjek yang di gunakan dalam penelitian ini adalah satu orang siswa kelas V, guru kelas, serta orang tua siswa SDNegeri Pasirkaliki I.  Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Tejnik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah, karena siswa sering marah saat di suruh mengerjakan tugas dan pengumpulan tugaspun sering telat. Adapun faktor pembentuk yaitu adapun pendukung dan penghambat, sedangkan faktor pendukung kecerdasan emosional siswa pada pembelajaran daring yaitu guru dan Handphone dan faktor penghambatnya yaitu orang tua dan karakter siswa itu sendiri. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam meningatkan kecerdasan emosional siswa pada pembelajaran daring yaitu dengan selalu memotivasi, memberi wejangan dan memberi jam tambahan kepada siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa kecerdasan emosional pada pembelajaran daring ini menjadi menurun seiring dengan berbagia alasan yang ada.

Published
2023-02-19