Analisis Peran Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

  • Khapita Pebriani Universits Buana Pejuangan
  • Harmawati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Haerudin Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: peran orang tua, pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring terlaksana dengan baik pada siswa kelas V untuk mengetahui peran orang tua dalam proses pembelajaran daring dan juga problematika orang tua dalam membantu siswa pada saat pembelajaran daring di SDN Pancakarya I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 orang tua siswa, 3 orang siswa serta guru kelas V SDN Pancakarya I. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan daftar ceklis, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan pada penelitian ini reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas V guru memberikan pembelajaran menggunakan media youtube whatsapp serta buku paket unutk siswa dan guru juga telah berkerjasama dengan baik dengan orang tua dan terbantu dalam mengarahkan anak guru membantu orang tua dalam kegiatan belajar dengan mengirimkan video pembelajaran yang ada di youtube agar memudahkan siswa dan orang tua dalam materi. Adapun siswa yang tidak paham dan meminta bantuan orang tua dalam mengajarkan karena orang tua mejadi tutor dalam pembelajaran namun orang tua juga memiliki kendala dalam menyampaikan penjelasan kepada anak karena tidak paham sehingga orang tua juga tidak dapat menciptakan susasan yang kreatif untuk membantu menyapaikan penjelasaan materi agar siswa dapat paham terhadap materi yang dijelaskan dan fasilitas juga memberikan kesulitan tersendiri bagi orang tua.

Published
2023-02-19