Analisis Tingkat Pemahaman Pembelajaran Matematika dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD
Abstract
Pandemi telah berdampak pada berbagai bidang di dunia, salah satunya bidang pendidikan. Situasi ini menyebabkan berubahnya sistem pembelajaran yang biasanya tatap muka secara langsung sekarang menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Pada pembelajaran daring siswa merasa kurang memahami pembelajaran dan materi yang disampaikan, khususnya pada pelajaran matematika. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman pembelajaran matematika dalam pembelajaran daring siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmulya II Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV, dan responden dari wawancara yaitu 1guru wali kelas IV, 3 siswa dan 3 orangtua siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian, analisis tingkat pemahaman pembelajaran matematika dalam pembelajaran daring siswa kelas IV Sekolah Dasar beragam, ada 8 siswa dengan kemampuan pemahaman tinggi, 13 siswa kemapuan pemahaman sedang dan 4 siswa kemampuan pemahaman rendah.