Peranan Orang Tua Mendampingi Anak dalam Pembelajaran Daring di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19

  • Intan Febriyanti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tia Latifatu Sadiah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Sinta Maria Dewi Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Peran orang tua, Belajar daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung peran orang tua dalam membimbing dan mebantu anak dalam belajar daring.  Jenis penelitian ini adalah kualiatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru, orang tua dan murid kelas II D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membimbing pembelajaran daring berpengaruh bagi anak. Dengan adanya kendala yang dihadapi orang tua tidak membuat orangtua putus asa dalam mendampingi anak belajar, orangtua akan mencari solusi dari masalah yang dihadapinya dengan baik. Dengan adanya corona pembelajaran dapat berjalan dengan baik dengan berpartisipainya orangtua dalam membimbing anaknya belajar daring yang dilakukan di rumah.

Published
2023-02-19