Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan interaksi sosial serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi interaksi sosial siswa kelas V sekolah dasar dilingkungan RT 53 Perumahan Citra Kebun Mas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitataif, yang dijadikan responden dalam penelitian ini siswa kelas V sekolah dasar dilingkungan RT 53 Perumahan Citra Kebun Mas Kabupaten Karawang. Selanjutnya teknik pengumpulan data melalui wawancara terbuka tentang kecerdasan emosional dan interaksi sosial siswa kelas V sekolah dasar. Peneliti dalam tahapan pengumpulan data membuat instrumen wawancara dengan lima belas butir pertanyaan yang berkaitan dengan kecerdasan emosional dan interaksi sosial siswa, ditinjau dari beberapa aspek kecerdasan emosional yang kemudian menjadi sebuah indikator untuk dijadikan sebuah pedoman wawancara terhadap siswa. Hasil dari uji coba diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap interaksi sosial siswa kelas V sekolah dasar dilingkungan RT 53 Perumahan Citra Kebun Mas Kabupaten Karawang. Hal ini diperoleh dengan hasil wawancara bersama ke-3 responden yang menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar memiliki hubungan yang kuat. Serta faktor yang mempengaruhi interaksi sosial siswa adalah kurangnya motivasi siswa untuk senantiasa beradaptasi dengan lingkungan baru dan teman baru, kurangnya rasa empati siswa terhadap temannya, kurangnya pengetahuan tentang interaksi sosial dalam lingkup budaya dan agama.