Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Dalam Jaringan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar melalui pembelajaran dalam jaringan pada mata pelajaran IPA siswa Sekolah Dasar kelas V. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Purwamekar II Kecamatan Rawamerta, Karawang yang berjumlah 30 siswa dengan teknik sampling jenuh. Data yang diperoleh melalui metode angket. Sebelumnya angket telah diujicobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisi data yang digunakan ialah analisis korelasi product moment. Hasil analisis korelasi menghasilkan adanya korelasi minat belajar dengan hasil belajar melalui pembelajaran dalam jaringan. Sehingga dalam pengujian hipotesis berdasarkan rumus Product Moment maka didapat rxy ialah terdapat korelasi yang positif diantara variable x dengan variable y maka diperoleh rhitung 0,814 terletak diantara 0,80-1,00 yang memiliki tingkat penjelasan sangat kuat dan sangat tinggi, maka bisa diketahui bahwa hubungan minat belajar terhadap hasil belajar pada siswa kelas V SDN Purwamekar II terhadap pelajaran IPA berpengaruh signifikan, dan kuat.