GAMBARAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI YANG BEKERJA

  • Ridho Nurardiansyah
  • Arif Rahman Hakim
  • Marhisar Simatupang
Keywords: Mahasiswa, psychological well-being

Abstract

Untuk menempuh pendidikan tinggi tidaklah mudah. Hal tersebut membuat
mahasiswa harus mencari cara untuk mencukupi semua kebutuhannya. Beberapa mahasiswa
memutuskan untuk kuliah sambil berkerja agar kebutuhannya dapat tercukupi. Dampak negatif
yang didapat ketika menjadi mahasiswa yang juga bekerja ialah memunculkan masalah seperti
melalaikan tugas-tugasnya sebagai mahasiswa, dan dapat menyebabkan permasalahan pada
psychological well-being. Psychological well-being adalah persepsi individu tentang rasa
sejahtera baik secara fisik maupun mental, dan dapat mengaktualisasikan diri dengan baik.
Psychological well-being memiliki enam dimensi, yakni, self-acceptance, relations with others,
personal growth, purpose in life, environmental mastery, dan autonomy. Tujuan dilakukannya
penelitian ini adalah untuk mengetahui kategoriasi jenjang ordinal terhadap skala psychological
well-being agar dapat menentukan jenjang kategori tinggi atau rendah. Populasi dari penelitian
ini adalah mahasiswa program studi psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang yang
sedang bekerja. Jumlah sample pada penelitian ini berdasarkan Rumus Isaac dan Michael
berjumlah 205 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif,
teknik sampling nonprobability jenis purposive sampling dengan karakteristik yang ditentukan.
Hasil uji normalitas menunjukan taraf signifikansinya berada di rentang rasio -1,96 dan +1,96
maka dapat dikatakan skala psychological well-being terdistribusi normal. Hasil kategorisasi
menunjukan 185 responden tergolong tinggi dan 20 responden tergolong rendah.

To pursue higher education is not easy. This makes students have to find ways to
meet all their needs. Some students decide to study while working so that their needs can be
fulfilled. The negative impact of being a student who also works is that it creates problems such
as neglecting his duties as a student, and can cause problems in psychological well-being.
Psychological well-being is an individual's perception of a sense of well-being both physically
and mentally, and can self-actualize well. Psychological well-being has six dimensions, namely,
self-acceptance, relations with others, personal growth, purpose in life, environmental mastery,
and autonomy. The purpose of this study was to determine the categorization of the ordinal
level on the psychological well-being scale in order to determine the level of the high or low
category. The population of this study were students of the psychology study program at the
University of Buana Perjuangan Karawang who were working. The number of samples in this
study based on Isaac and Michael's formula amounted to 205 respondents. The research method
used is descriptive quantitative, non-probability sampling technique purposive sampling type
with specified characteristics. The results of the normality test show that the significance level is
in the ratio range of -1.96 and +1.96, so it can be said that the psychological well-being scale is
normally distributed. The results of the categorization show that 185 respondents are classified
as high and 20 respondents are classified as low.

Published
2023-08-28