PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP RESILIENSI MAHASISWA LULUSAN TAHUN AKADEMIK 2021/2022 DI KABUPATEN KARAWANG

  • Tantia Yuliandina
  • Dinda Aisha
  • Cempaka Putrie Dimala
Keywords: Resiliensi, self-efficacy, mahasiswa

Abstract

Mahasiswa yang baru lulus dihadapkan pada suatu tantangan baru, di mana individu
perlu bersaing satu sama lain untuk mendapatkan pekerjaan. Dalam usaha mencari pekerjaan,
mahasiswa lulusan baru dihadapkan pada berbagai tantangan dan kesulitan yang memberikan
dampak kurang baik bagi individu, sehingga diperlukan penyesuaian diri bagi individu untuk
mampu mengatasi dampak-dampak tersebut, hal ini dikenal dengan istilah resiliensi. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap resiliensi pada
mahasiswa lulusan tahun akademik 2021/2022 di Kabupaten Karawang. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan skala psikologi melalui alat ukur The ConnorDavidson Resilience Scale (CD-RISC) oleh Yu & Zhang (2007) dan The General Self-Efficacy
Scale (GSES-12) oleh Bosscher & Smit (1998) dengan melibatkan 112 responden. Hasil analisis
menunjukkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga
diketahui terdapat penngaruh self-efficacy terhadap resiliensi pada mahasiswa lulusan tahun
akademik 2021/2022 di Kabupaten Karawang. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi,
diketahui bahwa pengaruh self-efficacy terhadap resiliensi mahasiswa lulusan tahun akademik
2021/2022 di Kabupaten Karawang adalah sebanyak 15.8% dan 84.2% dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak termasuk variabel dalam penelitian ini.

Newly graduated students are faced with a new challenge, where individuals need to
compete with each other for jobs. In an effort to find a job, fresh graduate students are faced
with various challenges and difficulties that have an adverse impact on individuals, so that
individual adjustments are needed to be able to overcome these impacts, this is known as
resilience. The purpose of this study was to determine the effect of self-efficacy on resilience in
graduate students in the 2021/2022 academic year in Karawang Regency. This study uses a
quantitative method with a psychological scale using The Connor-Davidson Resilience Scale
(CD-RISC) by Yu & Zhang (2007) and The General Self-Efficacy Scale (GSES-12) by
Bosscher & Smit (1998) involving 112 respondents.The results of the analysis show a
significance value of 0.000 < 0.05, then Ha is accepted and H0 is rejected, so it is known that
there is an influence of self-efficacy on resilience in students graduating from the 2021/2022
academic year in Karawang Regency. Based on the results of the coefficient of determination
test, it is known that the effect of self-efficacy on the resilience of students graduating from the
academic year 2021/2022 in Karawang Regency is 15.8% and 84.2% is influenced by other
factors that are not included in the variables in this study.

Published
2023-08-28