PENGARUH CITRA DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN KOSMETIK PADA MAHASISWI DI KARAWANG

  • Adhe Chintiya
  • Lania Muharsih
  • Linda Mora
Keywords: Citra diri, perilaku konsumtif

Abstract

Perilaku konsumtif adalah suatu fenomena yang banyak melanda mahasiswi
saat ini. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif pada mahasiswi adalah
citra diri. Dalam proses membentuk citra diri tentang gambaran mengenai dirinya
mahasiswi terkadang merasa tidak puas atau kurang percaya diri terhadap penampilan
mereka sehingga dalam perkembangannya mahasiswi mempunyai keinginan untuk
memakai produk kosmetik dengan alasan ingin terlihat lebih menarik tidak dapat ditolak
lagi sehingga dapat mendorong mahasiswi menjadi boros. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui pengaruh citra diri terhadap perilaku konsumtif pembelian kosmetik
pada mahasiswi di Karawang. Skala dalam penelitian kali ini yaitu skala citra diri yang
berjumlah 20 aitem dan skala perilaku konsumtif berjumlah 26 aitem. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik dalam
pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik
kuota sampling, sehingga 100 orang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian secara
simultan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya ada
pengaruh citra diri terhadap perilaku konsumtif pembelian kosmetik pada mahasiswi di
Karawang. Besaran pengaruh citra diri terhadap perilaku konsumtif pembelian kosmetik
pada mahasiswi di Karawang sebesar 67,7 % dan 32,3 % lainnya dipengaruhi oleh
variabel lain.

Consumptive behavior is a phenomenon that plagues many female students
today. One of the factors that influence consumptive behavior in female students is selfimage. In the process of forming a self-image about a picture of themselves, female
students sometimes feel dissatisfied or lack confidence in their appearance so that in its
development female students have a desire to use cosmetic products with the reason that
they want to look more attractive can not be rejected anymore so that it can encourage
female students to be extravagant. The purpose of this study was to determine the effect
of self-image on consumptive behavior in purchasing cosmetics on female students in
Karawang. The scale in this study is the self-image scale, which consists of 20 items and
the consumptive behavior scale, which consists of 26 items. The type of research used in
this research is quantitative research methods. The sampling technique used is nonprobability sampling with quota sampling technique, so that 100 people become research
subjects. The results of the study simultaneously had a significance value of 0.000 <0.05,
then Ha was accepted and H0 was rejected, meaning that there was an influence of selfimage on consumptive behavior in purchasing cosmetics on female students in Karawang.
The magnitude of the influence of self-image on the consumptive behavior of purchasing cosmetics on female students in Karawang is 67.7% and the other 32.3% is influenced by
other variables.

Published
2023-04-29