KONTROL DIRI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GADGET PADA REMAJA
Abstract
Penggunaan gadget yang tidak terkontrol pada siswa dapat menyebabkan
kecanduan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kontrol diri dalam
mengurangi kecanduan gadget pada siswa remaja di SMK Yohanes XXIII Maumere.
Subjek penelitian berjumlah 30 siswa remaja. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental
design serta desain dalam penelitian ini adalah one group design pretest posttest
design. Nilai signifikansi pada pre dan postest mempunyai hasil yang sama yaitu
sig 0,000 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan,
karena hasil signifikansi (0,000≤0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh pelatihan kontrol diri untuk mengurangi kecanduan gadget pada remaja
Uncontrolled use of gadgets in students can lead to addiction. This study aims
to see the effect of self-control in reducing gadget addiction in adolescent students at
Yohanes XXIII Maumere Vocational School. The research subjects were 30 teenage
students. The method used in this research is quantitative research with a quasiexperimental design approach and the design in this study is one group design pretest
posttest design. The significance value in pre and posttest has the same result, namely sig
0.000 so it can be said that there is a significant effect, because the results are significant
(0.000≤0.05). So it can be concluded that there is an effect of self-control training to
reduce gadget addiction in adolescents.

