RESILENSI AKADEMIK DAN KEPUASAN BELAJAR DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA

  • Sabrini Mentari Rezeki
  • Rianda Elvinawaty
Keywords: Resilensi akademik, masa pandemi covid-19, kepuasan belajar

Abstract

Kepuasan belajar bagi mahasiswa sangat berpengaruh dalam penilaian
akademik mahasiswa. Pembelajaran daring membuat mahasiswa dan dosen unutk
lebih meningkatakan kreativitas dalam proses belajar mengajar. Pandemi covid-19
melakukan pembelajaran penggunaan dan pemanfaatan media, serta internet.
Sebagian mahasiswa mengalami kesulitan untuk melakukan terutama untuk
pelajaran yang dianggap membutuhkan penjelasan yang mendalam untuk itu
sistem pembelajaran dosen harus disesuaikan dengan keadaan yang terjadi.
Dibutuhkan resilensi akademik agar mahasiwa dapat lebih memahami mata kuliah
yang disampaikan meskipun secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
hubungan antara resiliensi akademik dan kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran
daring pada masa pandemi COVID 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, dan korelasi pearson sebagai tehnik yang digunakan untuk menguji
hipotesis. Sebanyak 171 mahasiswa yang menjadi partisipan. Partisipan penelitian
direkrut dengan populasi sebanyak 300 mahasiswa,dengan mahasiswa aktif S1
yang memiliki pengalaman mengikuti proses belajar daring di Fakultas Psikologi
Universitas Prima Indonesia. Berdasarkan hasil analisis korelasi antara resilensi
dan kepuasan belajar diperoleh koefisien korelasi pearson sebesar 0,456 dengan sig
sebesar 0,000 (p ˂ 0,05), hal ini menunjukkan bahwa adanya korelasi positif
signifikan antara resilensi dan kepuasan belajar dan artinya hipotesis diterima

Learning for students is very influential in student academic assessment.
Bold learning makes students and lecturers to increase creativity in the teaching and
learning process. The COVID-19 pandemic is learning about the use and use of
media, as well as the internet. some students find it difficult to do especially for
lessons that are considered to require in-depth explanation for that the learning
system must be adapted to the circumstances that occur. Academic resilience is
needed so that students can better understand the subjects delivered even though
they are brave. This study aims to see the relationship between academic resilience
and student satisfaction in bold learning during the COVID 19 pandemic. This study
uses a quantitative approach, and Pearson correlation as a technique used to test
hypotheses. A total of 171 students took part. Research participants were recruited
with a population of 300 students, with active undergraduate students who have
experience following a bold learning process at the Faculty of Psychology,
Universitas Prima Indonesia. Based on the correlation analysis between resilience
and learning satisfaction, the Pearson correlation coefficient is 0.456 with a sig of 0.000 (p 0.05), this indicates that there is a positive correlation between resilience
and learning satisfaction and it means that the hypothesis is accepted

Published
2023-01-13