PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA/SISWI DI PONDOK PESANTREN AL-IJTIHAD BUNGURSARI TASIKMALAYA
Abstract
Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan tidak hanya mendidik
para siswa dengan agama saja, para siswa dibekali juga dengan ilmu pengetahuan
umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial
teman sebaya terhadap student engagement pada siswa/siswi di Pondok Pesantren
Al-Ijtihad Bungursari Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini
adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi
Pondok Pesantren Al-Ijtihad Bungursari Tasikmalaya dengan jumlah sample 127
responden yang diambil berdasarkan tabel Isaac & Michael dengan tarif kesalahan
5%. Teknik Pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik sampling quota, analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana
didapatkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan nilai R square sebesar 0,983 maka
dapat dikatakan bahwa dukungan sosial teman sebaya mempengaruhi student
engagement sebesar 98,3 % dan sisanya sebesar 1,7% yang dipengaruhi faktor
lain yang tidak diteliti pada penelitian ini
Boarding school as one of educational insttutions is not only teach the
student about religion, the student is also taught abaout scientific knowledge by it.
This research aims to determine the effect of social support of friends of the same
age on student engagement on student of Al-Ijtihad Bungursari Islamic Boarding
School. This research use quantitative as the method. The population of this
research is all of the student of Al-Ijtihad Bungursari Islamic Boarding School
with a total sample of 127 corespondences that is taken based on Issac and
Michael’s table with 5% error rate. This research use sampling quota technique as
sampling technique. The data is analyzed using simple linear regression analysis
where obtained a significance value of 0,000 < 0,5, and R square value of 0,983
So, it can be said that social support of friends of the same age on student
engagement is 98,3% and the rest of 1,7% that is influenced by other factors that
were not studied in this research

