PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DITINJAU DARI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA DI KABUPATEN KARAWANG DIMASA PANDEMI COVID-19

  • Putri Nur Rahmawati
  • Cempaka Putrie Dimala
  • Randwitya Ayu Ganis Hemasti
Keywords: Psychological well-being, prokrastinasi akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prokrastinasi akademik memengaruhi
psychological well-being pada mahasiswa di Kabupaten Karawang dimasa pandemi COVID-19.
Populasi penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa aktif di Kabupaten Karawang dengan jenis
populasi tidak diketahui, dan jumlah sampel sebanyak 385 mahasiswa yang diperoleh menggunakan
rumus Cochran dimana sampel nantinya dihimpun menggunakan teknik Quota Sampling. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana dengan bantuan program
SPSS version 22. Dari hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi 0.00 (p>0.05) dengan persamaan
regresi Y=114.209-0.251x yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima dengan pengertian
terdapat pengaruh negatif prokrastinasi akademik terhadap psychological well-being mahasiswa di
Kabupaten Karawang. Kontribusi yang diberikan prokrastinasi sendiri hanya sebesar 18.7% dimana
81.3% lebih banyak dipengaruhi oleh variabel atau faktor-faktor lainnya

This study aims to determine whether academic procrastination affects psychological wellbeing in students in Karawang Regency during the COVID-19 pandemic. The population of this study
includes all active students in Karawang Regency with an unknown population type, and a total
sample of 385 students obtained using the Cochran formula where the sample will be collected using
the quota sampling technique. The data obtained were then analyzed using a simple linear regression
technique with the help of the SPSS version 22 program. From the results of data analysis, a
significance value of 0.00 (p>0.05) was obtained with the regression equation Y=114.209-0.251x,
which means that the hypothesis in this study is accepted with the understanding that there is an
influence. negative academic procrastination on the psychological well-being of students in
Karawang Regency. The contribution given by procrastination itself is only 18.7% of which 81.3%
is more influenced by other variables or factors

Published
2023-01-13