HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP TUNAS DHARMA KARAWANG DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia tidak terkecuali Indonesia melahirkan sejumlah
kebijakan, salah satunya adalah pembelajaran daring. Seluruh jenjang pendidikan mengalami hal
tersebut, termasuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini akan difokuskan pada SMP
Tunas Dharma yang berada di Kabupaten Karawang, dimana dari hasil pra-penelitian diketahui
bahwa terjadi penurunan motivasi belajar selama proses pembelajaran daring berlangsung.
Dikarenakan pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan di rumah, dimana interaksi siswa paling
banyak dilakukan dengan keluarga sehingga peran dukungan keluarga sangatlah penting. Dukungan
keluarga memiliki hubungan dengan tingkat motivasi belajar siswa, hal ini didukung dengan
sejumlah penelitian terdahulu. Oleh sebabitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
dukungan keluarga berhubungan dengan motivasi belajar. Metode dalam penelitian ini adalah
kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
di SMP Tunas Dharma sebanyak 192 siswa, dengan jumlah sampel berdasarkan tabel Isaac dan
Michael sebanyak 123 orang yang nantinya sampel ini akan dihimpun menggunakan teknik kuota
sampling. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment
diperoleh nilai pearson correlation sebesar 0.626 (p>0.05) yang berarti bahwa terdapat hubungan
yang positif dan signitifkan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar, sekaligus menjawab
hipotesis penelitian ini dimana Ha diterima dan H0 ditolak
The Covid-19 pandemic that has hit the world is no exception, Indonesia has spawned
some policies, one of which is online learning. All levels of education experience this, including
Junior High School (SMP). This research will focus on SMP Tunas Dharma in Karawang Regency
where from the results of the pre-research it was found that there was a decrease in learning
motivation during the online learning process. Because the implementation of online learning is
carried out at home, where most student interactions are carried out with families, the role of family
support is important. Family support has a relationship with the level of student learning motivation,
this is supported by some previous studies. Therefore, this study aims at determining whether family
support is related to learning motivation. The method in this research was quantitative with the type
of correlational research. The population in this study were all 192 students at Tunas Dharma Junior
High School, with the number of samples based on Isaac and Michael's table as many as 123 people,
which later this sample will be collected using a quota sampling technique. Based on the results of
data analysis using the Pearson product-moment correlation test, the Pearson correlation value was
obtained at 0.626 (p>0.05), which means that there was a positive and significant relationship
between family support and learning motivation, as well as answering the hypothesis of this study
where Ha was accepted and H0 was rejected