GAMBARAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSA NIPA INDONESIA DI MAUMERE

  • Epifania M. Ladapase
  • Anastasia Sona
Keywords: Stres akademik, mahasiswa, Universitas Nusa Nipa Indonesia

Abstract

Stres akademik merupakan perasaan frustasi, tekanan atau cemas yang dialami mahasiswa karena
konflik beban tugas yang banyak dan juga tuntutan-tuntutan dari dosen maupun orang tua yang
mengharuskan mahasiswa untuk mendapatkan nilai atau prestasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui gambaran stres akademik pada mahasiswa di Universitas Nusa Nipa Indonesia. Populasi dalam
dalam penelitian ini adalah 5.273 mahasiswa Universitas Nusa Nipa Indonesia. Sampel dalam penelitian ini
adalah 200 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel insidental. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan skala stres akademik dari Bisht. Hasil penelitian ini menunjukan 52,5% dalam kategori sedang, 37,5% masuk dalam kategori rendah, dan
10,5% masuk dalam kategori tinggi yang berarti mahasiswa di Universitas Nusa Nipa Indonesia masih
banyak yang mengalami stres akademik.

Academic stress is a feeling of frustration, pressure, of anxiety experienced by students because of
the many conflicting workloads and demands from lecturers and parents that require studens to get high
grades or achievements. The purpose of this research is to determine the description of academic stress on
students at the University Nusa Nipa Indonesia. The population in this research was 5,273 studens of the
University of Nusa Nipa Indonesia. The sample in this research was 200 people. The sampling technique
used incidental sampling. This type of research was descriptive quantitative research. The data collection
method used the academic stress scale from Bisht. The results of this research incidented that 52.5% was in
the medium category, 37.5% was in a low category, and 10.5% was in the high category. It means that many
students at the University of Nusa Nipa Indonesia still encountered academic stress

Published
2023-01-13