PSYCHOLOGICAL CAPITAL SEBAGAI PREDIKTOR PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA DISTRIBUTOR MULTI LEVEL MARKETING TIENS SYARIAH KABUPATEN KARAWANG DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Andyan P.L
  • Cempaka Putrie Dimala
  • Arif Rahman Hakim
Keywords: Psychological well-being, psychological capital, multilevel marketing (MLM)

Abstract

Dampak Covid-19 melanda hampir seluruh sektor, salah satunya adalah sektor ekonomi
seperti industri network marketing atau MLM yang menyebabkan penjualan dan rekrutmen downline
menurun seluruh aktivitas distributor seperti penjualan dan rekrutmen harus beralih dengan metode
online. dampak tersebut dapat mempengaruhi psychological well-being pada distributor Tiens
Syariah. Psychological well-being adalah individu yang secara psikologis mampu berfungsi secara
positive psychological functioning dimana individu memiliki kondisi mental yang sehat. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psychological capital terhadap
psychological well-being pada distributor multilevel marketing (MLM) Tiens Syariah di
Kabupaten Karawang dengan jumlah partisipan sebanyak 210 responden dengan sampel 131
responden menggunakan rumus Issac dan Michael dengan taraf 5%. Metode penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik
kuota. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana diperoleh sig = 0,00 < 0,05, dengan nilai koefisien
determinasi sebesar 24,9%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Psychological
Capital terhadap Psychological Well-Being.

The impact of Covid-19 has hit almost all sectors, one of which is the economic sector
such as the network marketing or MLM industry which causes downline sales and recruitment to
decline, all distributor activities such as sales and recruitment must switch to online methods. This
impact can affect the psychological well-being of Tiens Syariah distributors. Psychological wellbeing is an individual who is psychologically able to function in a positive psychological functioning
where the individual has a healthy mental condition. The purpose of this study was to determine the
effect of psychological capital on psychological well-being in Tiens Syariah multi-level marketing
(MLM) distributors in Karawang Regency with a total of 210 respondents with a sample of 131
respondents using the Issac and Michael formula with a level of 5%. This research method uses
quantitative methods with data collection techniques using quota techniques. Based on the results of
the simple regression test obtained sig = 0.00 <0.05, with a coefficient of determination of 24.9%.
These results indicate that there is an influence of Psychological Capital on Psychological WellBeing.

Published
2023-01-13