SELF-ACCEPTANCE DITINJAU DARI BODY IMAGE PADA SALESGIRL PT CAPELLA MEDAN

  • Clarissa Pandora Novelia
Keywords: Self acceptance, body image

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self acceptance dengan body
image pada salesgirl di PT Capella Medan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada
hubungan positif antara self acceptance dengan body image, dengan asumsi semakin tinggi selfacceptance, maka semakin tinggi body image dan sebaliknya semakin rendah self-acceptance maka
semakin rendah body image. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah salesgirl PT
Capella Medan yang berjumlah 85 (delapan puluh lima) orang yang dipilih dengan metode
purposive sampling. Data diperoleh dari skala untuk mengukur self acceptance dan body image.
Perhitungan dilakukan dengan melalui uji prasyarat analisis (uji asumsi) yang terdiri dari uji
normalitas sebaran dan uji linearitas hubungan. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan
korelasi Product Moment melalui bantuan SPSS 17 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan
koefisien korelasi sebesar 0,439 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Ini menunjukkan ada hubungan
positif antara self-acceptance dengan body image. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
sumbangan 19,3 persen body image mempengaruhi self-acceptance dan selebihnya 80,7 persen
dipengaruhi oleh faktor lain, seperti dukungan sosial, dukungan keluarga, gaya hidup hedonis, dan
kematangan emosi. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian ada
hubungan positif antara self-acceptance dengan body image dapat diterima.

This study aims to find out relationship between body image and self-acceptance on
salesgirl at PT Capella Medan. The hypothesis of this study states that there is a positive correlation
between body image and self-acceptance, assuming that the higher the body image, the higher will
self-acceptance be and conversely the lower the body image the lower will self-acceptance be. The
subjects of this study were 85 (eighty five) salesgirl at PT Capella Medan selected by purposive
sampling method. Data were obtained from a scale to measure body image and self-acceptance. The
calculation was performed by means of testing requirements analysis (assumption), which consists
of normality test for distribution and linearity test for relationships. The data analysis used is
Product Moment Correlation with SPSS 17 for Windows. The results of data analysis showed that
the correlation coefficient was 0,439 with p 0.000 (p <0.05). It shows that there is a positive
relationship between body image and self-acceptance. These results indicate that the contribution of
a given variable of body image to self-acceptance is at 19,3 percent, while the remaining 80,7
percent is influenced by other factors not examined. From these results, it is concluded that the
hypothesis stating that there is a positive correlation between body image and self-acceptance is
acceptable.

Published
2023-01-13