RESILIENSI AKADEMIK DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Sitti Anggraini
Keywords: Resiliensi akademik, jenis kelamin, mahasiswa

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak pada mahasiswa. Mahasiswa dapat menyesuaikan diri dan
bertahan dengan permasalahan akademik yang terjadi, karena mahasiswa memiliki resiliensi
akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan resiliensi akademik ditinjau dari
jenis kelamin pada mahasiswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan teknik
pengambilan sampel menggunakan sampel incidental melalui google form. Metode pengumpulan
data dengan menggunakan instrumen resiliensi akademik yang disusun oleh Hardiansyah, dkk.
Total aitem berjumlah 27 aitem, semua aitem valid dengan rentang korelasi validitas 0,432 – 0,693
dengan reliabilitas 0,932. Hasil uji hipotesis menggunakan independent-samples t-test adalah nilai
sig. 0,204 > 0,05, hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan secara signifikan antara resiliensi
akademik mahasiswa perempuan dan laki-laki. Hal ini menunjukkan bahwa resiliensi akademik
mahasiswa tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin. Artinya faktor gender tidak berpengaruh pada
tingkat resiliensi akademik mahasiswa.

The covid-19 pandemic has had an impact on students. Students can adapt and survive
with academic problems that accur, because students have academic resilience. This study aims to
determine differences in academic resilience in terms of gender in students. This research is
included in quantitative research with sampling technique using incidental samples via google form.
Methods of data collection using academic resilience instrumens compiled by Hardiansyah, et al.
The total number of items is 27 items, all items are valid with a validity correlation range of 0,432-
0,693 with a reliability of 0,932. The results of hypothesis testing using independent-samples t-test
are sig. values 0,204 > 0,05, this indicates that there is no significant difference between the
academic resilience of female and male students. This shows that the academic resilience of
students is not influenced by gender. This means that the gender factor has no effect on the level of
student academic resilience.

Published
2023-01-03