MINAT BELI JASA LAYANAN GO-JEK DITINJAU DARI CITRA MEREK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

  • Vinny Michelle Lovinka Silitonga
Keywords: Citra merek, minat beli.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra merek jasa layanan GoJek dengan minat beli. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif
antara citra merek dengan minat beli, dengan asumsi semakin baik citra merek, maka minat beli
semakin tinggi dan sebaliknya, semakin buruk citra merek, maka minat beli semakin rendah. Subjek
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Prima
Indonesia sebanyak 112 orang dengan menggunakan metode proporsional purposive sampling. Data
diperoleh dari skala untuk mengukur citra merek dan minat beli. Perhitungan dilakukan dengan
melalui uji prasyarat analisis (uji asumsi) yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas hubungan.
Analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi Product Moment melalui bantuan SPSS
20 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,586 dengan p sebesar
0,000 (p < 0,05). Ini menunjukkan ada hubungan positif antara citra merek dengan minat beli. Citra
merek merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat beli dengan sumbangan (R2
) sebesar
34,3%, selebihnya 65,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil penelitian ini
dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian ada hubungan positif antara citra merek dengan
minat beli dapat diterima.

Published
2022-12-30