GAMBARAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSA NIPA INDONESIA DI MAUMERE

  • Epifania M. Ladapase
  • Anastasia Sona
Keywords: Stres akademik, mahasiswa, Universitas Nusa Nipa Indonesia

Abstract

Stres akademik merupakan perasaan frustasi, tekanan atau cemas yang dialami mahasiswa
karena konflik beban tugas yang banyak dan juga tuntutan-tuntutan dari dosen maupun orang tua
yang mengharuskan mahasiswa untuk mendapatkan nilai atau prestasi yang tinggi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran stres akademik pada mahasiswa di Universitas Nusa Nipa
Indonesia. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah 5.273 mahasiswa Universitas Nusa Nipa
Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah 200 orang. Teknik pengambilan sampel
menggunakan sampel insidental. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Metode
pengumpulan data menggunakan skala stres akademik dari Bisht. Hasil penelitian ini menunjukan
52,5% dalam kategori sedang, 37,5% masuk dalam kategori rendah dan 10,5% masuk dalam
kategori tinggi yang berarti mahasiswa di Universitas Nusa Nipa Indonesia masih banyak yang
mengalami stres akademik.

Academic stress is a feeling of frustration, pressure, of anxiety experienced by students
because of the many conflicting workloads and demands from lecturers and parents that require
student to get high grades or achievements. The purpose of this research is to determine the
description of academic stress on students at the University Nusa Nipa Indonesia. The population in
this research was 5,273 student of the University of Nusa Nipa Indonesia. The sample in this
research was 200 people. The sampling technique used incidental sampling. This type of research
was descriptive quantitative research. The data collection method used the academic stress scale
from Bisht. The results of this research incident that 52.5% was in the medium category, 37.5% was
in a low category, and 10.5% was in the high category. It means that many students at the
University of Nusa Nipa Indonesia still encountered academic stress.

Published
2022-12-30