PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 3 KARAWANG DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Gita Nur Safitri
  • Lania Muharsih
  • Randwitya Ayu Ganis Hemasti
Keywords: Self regulated learning, prestasi belajar Matematika, siswa SMK

Abstract

Dengan merebaknya wabah Covid-19 secara tiba-tiba maka sekolah menerapkan sistem
pembelajaran baru yaitu pembelajaran online. Salah satu tuntutan baru yang dialami beberapa
peserta didik yaitu kesulitan dalam menjalani kelas online. Self regulated learning adalah strategi
belajar yang mampu membuat siswa mandiri dalam belajar dan meningkatkan prestasi belajar
mereka. Dengan demikian, strategi pembelajaran yang diatur sendiri dapat membantu siswa untuk
lebih aktif dan mandiri sehingga memiliki prestasi belajar yang optimal. Prestasi belajar
merupakan suatu hasil dari proses belajar siswa yang dituangkan dalam bentuk nilai. Dengan kata
lain, prestasi belajar siswa merupakan hasil kemampuan siswa dalam mempelajari suatu mata
pelajaran, tidak terkecuali matematika. Oleh karena itu dengan adanya self regulated learning
yang tinggi, akan mampu mengatur sendiri kegiatan belajarnya sehingga dapat
mencapai prestasi yang tinggi dalam pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Populasi
dalam penelitian ini berjumlah 527 responden dengan sampel berjumlah 205 responden
menggunakan rumus Issac dan Michael dengan taraf signifikasi 5%. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuota.
Berdasarkan hasil uji regresi sederhana self regulated learning dan prestasi belajar matematika
terdapat pengaruh self regulated learning terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai Sig.
0,035<0,05 Ha diterima dan H0 ditolak dengan nilai koefisien determinasi sebesar 2,2%, sehingga
semakin tinggi self- regulated learning maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang diperoleh,
sebaliknya semakin rendah self-regulated learning maka semakin rendah pula prestasi belajar
yang diperoleh siswa.

With the sudden outbreak of the Covid-19 outbreak, schools implemented a new
learning system, namely online learning. One of the new demands experienced by some students
is the difficulty in taking online classes. Self regulated learning is a learning strategy that is able
to make students independent in learning and improve their learning achievement. Self-regulated
learning strategies can help students to be more active and independent so that they have optimal
learning achievements. Learning achievement is a result of the student learning process as
outlined in the form of grades. In other words, student achievement is the result of students'
ability to learn a subject, including mathematics. Therefore, with high self-regulated learning,
they will be able to regulate their own learning activities so that they can achieve high
achievements in the Covid-19. The population in this study amounted to 527 respondents with a
sample of 205 respondents using the Issac and Michael formula with a significance level of 5%.
The research method used is quantitative with data collection techniques using quota techniques.
Based on the results of the simple regression test of self regulated learning and mathematics
learning achievement, there is an effect of self regulated learning to mathematics learning
achievement with the value of Sig. 0.035<0.05 Ha is accepted and H0 is rejected with a coefficient

of determination of 2.2%, so that the higher the self- regulated learning, the higher the learning
achievement obtained, on the contrary, the lower the self-regulated learning, the lower the
learning achievement. obtained by students.

Published
2022-12-30