PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIMBINGAN BELAJAR ONLINE RUANG GURU DI SMAN 1 BANYUSARI KARAWANG
Abstract
Revolusi industri 4.0 berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia, sehingga
pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai media teknologi. Saat ini seluruh dunia termasuk
Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid-19 sehingga pembelajaran harus dilakukan dalam
jaringan (daring). Fakta menunjukkan bahwa di masa pandemi kenaikan keputusan pembelian
pengguna bimbingan belajar online Ruangguru meningkat tinggi, salah satu faktor yang
memengaruhi keputusan pembelian adalah citra merek. Keputusan pembelian dalam penelitian ini
sebagai variabel dependen dan citra merek sebagai variabel independen. Populasi dalam penelitian
ini adalah pengguna Ruangguru SMAN 1 Banyusari Karawang sebanyak 317 siswa yang diambil
sampelnya sebanyak 176 siswa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa citra merek
berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 9,494>1,973 ttabel dengan nilai
signifikansi 0,000<0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai R square diperoleh sebesar
0,341 yang artinya pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 34,1% sedangkan
sisanya 65,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
The industrial revolution 4.0 has an impact on the world of education in Indonesia, so
learning can be done with various technological media. Currently, the whole world, including
Indonesia, is facing the Covid-19 pandemic, so learning must be done online. The fact shows that
during the pandemic, the purchase decision of Ruangguru online tutoring users has increased
significantly, one of the factors that influence purchasing decisions is brand image. Purchase
decisions in this study as the dependent variable and brand image as the independent variable. The
population in this study were the users of Ruangguru SMAN 1 Banyusari Karawang as many as
317 students and 176 students were taken as samples. The results of the research conducted
indicate that brand image has an effect on purchasing decisions with a tcount of 9.494>1.973 t
table with a significance value of 0.000<0.05, which means Ha is accepted and H0 is rejected. The
value of R square obtained is 0.341, which means that the influence of brand image on purchasing
decisions is 34.1% while the remaining 65.9% is influenced by other variables not included in this
study.

