GAMBARAN TINGKAT STRES DAN COPING STRESS MAHASISWA DENGAN PEMBELAJARAN DARING 2020
Abstract
Pandemi Covid-19 yang diketahui mewabah di Indonesia sejak awal
bulan Maret 2020 menyebabkan adanya perubahan dalam berbagai aspek
kehidupan. Salah satunya ialah kebijakan sekolah dari rumah yang
mengharuskan mahasiswa melakukan pembelajaran daring. Proses pembelajaran
daring yang serempak seluruh Indonesia ini, nyatanya menjadi stressor baru bagi
mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran tingkat stress
mahasiswa dan coping stress mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 110 orang mahasiswa yang dipilih
menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan
skala Kessler Psychological Distress Scale (K10) yang dianalisis menggunakan
analisis deskriptif (frekuensi dan persentase) dan kuesioner pertanyaan terbuka
untuk memperoleh gambaran coping stress mahasiswa. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa stress mahasiswa selama pembelajaran daring tergolong
sedang, sementara mahasiswa cenderung melakukan coping stress adaptif untuk
dapat menyelesaikan permasalahan selama perkuliahan daring.
The Covid-19 pandemic, which is known to be endemic in Indonesia
since the beginning of March 2020, has caused changes in various aspects of
life. One of them is the school policy from home that requires students to do
online learning. The online learning process, which is simultaneous throughout
Indonesia, has in fact become a new stressor for students. The purpose of this
study was to see an overview of student stress levels and student stress coping.
This research is a quantitative descriptive study involving 110 students who
were selected using simple random sampling technique. Data were collected
using the Kessler Psychological Distress Scale (K10) which was analyzed using
descriptive analysis (frequency and percentage) and an open-ended question
questionnaire to obtain an overview of student coping stress. The results of this
study indicate that student stress during online learning is moderate, while
students tend to do adaptive stress coping to be able to solve problems during
online lectures.

